Evaluasi Saluran Drainase Jalan Manggis Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

Authors

  • Aqiel Iqbal Farrossandy Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Wiwik Yunarni Widiarti
  • Ririn Endah Badriani

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.pengairan.2022.013.02.02

Keywords:

Manggis Jember, Saluran Drainase, SWMM

Abstract

Banyaknya pembangunan yang terjadi mengakibatkan perubahan tataguna lahan dan dapat berpengaruh terhadap kurangnya daerah resapan air, hal tersebut dapat memicu terjadinya bencana banjir pada wilayah tersebut. Dari pengamatan di lapangan Jalan Manggis Kecamatan Patrang Kabupaten Jember merupakan salah satu daerah yang sering terjadi genangan dan banjir setiap musim hujan. Hal tersebut disebabkan karena saluran di Jalan Manggis terdapat banyak sampah yang mengakibatkan saluran tersumbat sehingga saat turun hujan tiba saluran tersebut tidak dapat mengalirkan air dengan baik, akibatnya air hujan meluap ke permukaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi saluran drainase Jalan Manggis Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dengan menggunakan software Storm Water Management Model (SWMM). Dari pemodelan menggunakan software SWMM pada periode kala ulang 2, 5 dan 10 tahun menghasilkan beberapa titik lokasi banjir. Hal yang harus dilakukan dalam mengatasi banjir dan genangan di Jalan Manggis yaitu dengan melakukan perencanaan ulang perubahan dimensi saluran drainase, selain itu juga dilakukan pemeliharaan saluran secara berkala yang berguna untuk meminimalisir terjadinya banjir dan genangan pada Jalan Manggis

Author Biography

Aqiel Iqbal Farrossandy, Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Jember

Mahasiswa dari Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Jember

References

Amin, M. B. 2020. Pemodelan Sistem Drainase Perkotaan Menggunakan SWMM. Yogyakarta : Deepublish.

Audi, F.R. 2017. "Evaluasi Sistem Drainase Jalan Raya Wilayah Ruas Jalan Darmawangsa Kota Surabaya". Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember.

Dewi IAA, A. I. 2013. "Analisis Kapasitas Saluran Drainase Sekunder dan Penanganan Banjir di Jalan Gatot Subroto Denpasar". Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil 151-155.

Fernanda, Deni. 2017. "Evaluasi Sistem Drainase Jalan Bumi Indah Balongsari Taman Kota Surabaya Menggunakan Software SWMM". Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember.

Hadi, Usaamah. 2018. "Evaluasi Kinerja Sistem Drainase Pada Wilayah Kelurahan Medokan Ayu Kota Surabaya". Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember.

Rossman, L. A. 2015. Storm Water Management Model User’s Manual Version 5.1. US: U.S. Environmental Protection Agency.

Soewarno. 2014. Aplikasi Metode Statistika untuk Analisis Data Hidrologi. Yogyakarta : Graha

Ilmu.

Sri Harto, 1981. Mengenal Dasar-Dasar Hidrologi Terapan. Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Suripin. 2004. Sistem Drainase Yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi.

Tamimi, R. 2015. "Kajian Evaluasi Sistem Drainase Jalan Srikoyo Kecamatan Patrang Kabupaten Jember". Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember.

Wesli. 2008. Drainase Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2022-11-23

How to Cite

Farrossandy, A. I., Widiarti, W. Y. ., & Badriani, R. E. . (2022). Evaluasi Saluran Drainase Jalan Manggis Kecamatan Patrang Kabupaten Jember . Jurnal Teknik Pengairan: Journal of Water Resources Engineering, 13(2), 141–158. https://doi.org/10.21776/ub.pengairan.2022.013.02.02

Issue

Section

Articles