Teknik Menabung Air Melalui Resapan Aliran Permukaan (Studi Kasus di Daerah Tangkapan Air Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur)

Authors

  • Sutirto Sutirto Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur untukmensuply air minum guna kebutuhan jasa pelanggan air minum dari tahun ke tahun selalu mengalami kekurangan karena debit mata air yang diharapkan oleh PDAM masih belum mencukupi. Debit mata air yang diharapkan PDAM supaya bisa mencukupi pelanggan jasa air minum Kota Kupang sebesar 18 liter/detik supaya dalam keadaan normal muka air Reservoar PDAM prosentase volume reservoir mencapai 50%, sementara debit mata air dalam keadaan normal baru mencapai 7,2 liter/detik dan prosentasi tampungan direservoir 20%. Upaya untuk menaikkan debit mata air dan menaikkan prosentase tampungan reservoir perlu adanya perlakuan di daerah tangkapan air Kota Kupangmelalui pembuatan parit jebakan air (PJA).

Adanya pembuatan parit jebakan air dengan mengarahkan aliran permukaan (runoff) mempunyai dua fungsi ganda yaitu menabung air dengan menambah kandungan air tanah dan memperkecil luapan air di daerah hilir pada musim penghujan.

Kata Kunci : air minum, menaikkan debit mata air, menabung air.

Downloads

Published

2012-05-25

How to Cite

Sutirto, S. (2012). Teknik Menabung Air Melalui Resapan Aliran Permukaan (Studi Kasus di Daerah Tangkapan Air Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur). Jurnal Teknik Pengairan: Journal of Water Resources Engineering, 2(1). Retrieved from https://jurnalpengairan.ub.ac.id/index.php/jtp/article/view/125

Issue

Section

Articles