Studi Limpasan Permukaan Spasial Akibat Perubahan Penggunaan Lahan (Menggunakan Model KINEROS)

Authors

  • Santi Sari Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknis Universitas Brawijaya

Abstract

Secara alamiah sebagian air hujan yang jatuh ke permukaan tanah akan meresap kedalam tanah dan selebihnya akan mengalir menjadi limpasan permukaan. Kondisi daerah di tempat hujan itu turun akan sangat berpengaruh terhadap bagian dari air hujan yang akan meresap ke dalam tanah dan akan membentuk limpasan permukaan. Karakteristik daerah yang berpengaruh terhadap bagian air hujan antara lain adalah topografi, jenis tanah, dan penggunaan lahan atau penutup lahan. Hal ini berarti bahwa karakteristik lingkungan fisikmempunyai pengaruh terhadap respon hidrologi.Kondisi alam Indonesia yang mempunyai periode musim hujan selama lebih kurang enam bulan menyebabkan curah hujan yang cukup tinggi. Dengan demikian hal ini perlu diperhatikan, karena merupakan salah satu faktor yang mendasar dalam penataan suatu kawasan perkotaan. Sebagai negara yang masih dan akan terus berkembang, pembangunan sarana fisik mutlak dilakukan untukmenjamin kesejahteraan sosial penduduknya. Pembangunan yang dilakukan juga akan berpengaruh terhadap penggunaan lahan.

Proses pengukuran limpasan secara langsung membutuhkan biaya yang tidaksedikit serta waktu dan tenaga. Sehingga seringkali sulit mendapatkan data limpasan akibatproses pengukuran yang memberatkan. Oleh karena itu dipandang perlu untuk menerapkan suatu pendekatan model yang tepat dan sesuai dengan kondisi suatu daerah. Berdasarkan pendekatan ini maka dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan besarnya limpasan yang terjadi.

Tujuan dari studi ini adalah untuk menggambarkan penyebaran tingkat besarnya limpasan permukaan di daerah studi.

Prosedur analisis secara garis besar adalah menghitung tinggi limpasan di DAS Kali Sat menggunakan model KINEROS berdasarkan variasi penggunan lahan dari tahun ke tahun dengan simulasi hujan kala ulang 2 tahun dan 5 tahun. Hasil analisis menunjukkan bahwa perubahan penggunaan lahan berpengaruh terhadap besarnya limpasan permukaan yang terjadi atau terdapat korelasi antara penggunaan lahan dengan besarnya tinggi limpasan permukaan. Tinggi limpasan permukaan maksimum terjadi pada penggunaan lahan tahun 2010 yaitu sebesar 15,478 mm.

Kata kunci: Model KINEROS, Limpasan permukaan, penggunaan lahan.

Downloads

Published

2012-05-25

How to Cite

Sari, S. (2012). Studi Limpasan Permukaan Spasial Akibat Perubahan Penggunaan Lahan (Menggunakan Model KINEROS). Jurnal Teknik Pengairan: Journal of Water Resources Engineering, 2(2), pp. 148–158. Retrieved from https://jurnalpengairan.ub.ac.id/index.php/jtp/article/view/131

Issue

Section

Articles