Analisis Stabilitas Penyumbatan Muara Sungai Akibat Fenomena Gelombang, Pasang Surut, Aliran Sungai dan Pola Pergerakan Sedimen pada Muara Sungai Bang, Kabupaten Malang

Authors

  • Feirani Vironita Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Rispiningtati Rispiningtati Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Suwanto Marsudi Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Abstract

Muara Sungai Bang di Kabupaten Malang mengalami pendangkalan di mulut sungai diiringi dengan penyempitan sungai yang dapat mengganggu lalu lintas kapal nelayan saat air surut dan dapat mengakibatkan banjir saat air pasang yang dapat merugikan penduduk karena sebagian besar daerah tersebut digunakan sebagai pelabuhan ikan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui laju sedimentasi di muara, sehingga dapat memberikan alternatif pemecahan masalah pendangkalan dan penyempitan muara.

Berdasarkan perhitungan gelombang diperoleh bahwa gelombang dominan berasal dari arah Selatan. Berdasarkan perhitungan angkutan sedimen pada muara Sungai Bang sebesar 15369,728 m3/th;sedangkan angkutan sedimen pantai sebesar 66042,94 m3/tahun dari arah selatan dan 73790,85 m3/tahun dariarah utara. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa angkutan sedimen yang mempengaruhi muara berasal dari angkutan sedimen sungai dengan volume budget sedimen per tahun sebesar 23117,64 m3. Oleh karenaitu diperlukan bangunan jeti sebagai bangunan pengatur sedimen di muara.

Bangunan jeti direncanakan dengan panjang 480 m, ketinggian 9,7 m dari dasar laut dengan usiaguna 16 tahun. Strategi pengelolaan muara sungai terbaik yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah sedimentasi di Sungai Bang adalah dengan mulut sungai terbuka.

Kata kunci : Muara, Gelombang, Sedimen, Jeti

Downloads

Published

2012-05-24

How to Cite

Vironita, F., Rispiningtati, R., & Marsudi, S. (2012). Analisis Stabilitas Penyumbatan Muara Sungai Akibat Fenomena Gelombang, Pasang Surut, Aliran Sungai dan Pola Pergerakan Sedimen pada Muara Sungai Bang, Kabupaten Malang. Jurnal Teknik Pengairan: Journal of Water Resources Engineering, 1(2). Retrieved from https://jurnalpengairan.ub.ac.id/index.php/jtp/article/view/112

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>