PENGELOLAAN DRAINASE SECARA TERPADU UNTUK PENGENDALIAN GENANGAN DI KAWASAN SIDOKARE KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Dani Eko Guntoro
  • Donny Harisuseno
  • Evi Nur Cahya

Keywords:

pengelolaan drainase secara terpadu, banjir, genangan, reduksi banjir

Abstract

Banjir dan genangan di Kabupaten Sidoarjo telah menjadi permasalahan tahunan yang serius. Penelitian ini mengkaji mengenai pengelolaan drainase secara terpadu untuk pengendalian banjir dan genangan di Kawasan Sidokare, dengan pola kombinasi tertentu, yang meliputi desain saluran drainase, kolam tampungan dan pompa. Kawasan Sidokare terbagi menjadi tiga DTA, yaitu DTA Pintu Air Sepande, DTA Rumah Pompa Sidokare dan DTA Pintu Air Jl. Diponegoro. Rumus Mononobe digunakan untuk menghitung intensitas hujan dengan kala ulang tertentu. Curah hujan rancangan dihitung dengan metode Log Pearson Tipe III. Dari hasil analisis, banjir historis di Kawasan Sidokare disebabkan oleh curah hujan kala ulang 1,01 tahun dengan intensitas hujan 17,55 mm/jam. Upaya penanganan melalui pengelolaan drainase secara terpadu pada masing-masing Daerah Tangkapan Air (DTA) di Kawasan Sidokare, dapat mereduksi banjir hingga 100%. Penanganan untuk DTA Pintu Air Sepande meliputi kombinasi saluran drainase eksisting dan kolam tampungan, DTA Rumah Pompa Sidokare menggunakan kombinasi saluran drainase eksisting, kolam tampungan dan pompa banjir eksisting, sedangkan DTA Pintu Air Jl. Diponegoro dilakukan dengan kombinasi saluran drainase eksisting, saluran tersier baru dan pompa banjir baru.

References

Ariyanto, Didid, Donny Harisuseno dan Rini Wahyu Sayekti. 2012. Studi Pengendalian Banjir Kota Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Timur. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Universitas Brawijaya, Malang.

Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum. 2012. Buku Sistem Drainase Perkotaan. Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta.

Putri, Rianti Dwi, Dwi Priyantoro, Linda Prasetyorini dan Heri Suprijanto. 2014. Evaluasi Sistem Drainase Daerah Muara Boezem Utara Morokrembangan Surabaya. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Brawijaya, Malang.

Rahmawati, Anita, Alia Damayanti dan Eddy Setiadi Soedjono. 2015. Evaluasi Sistem Drainasi Terhadap Penanggulangan Genangan di Kota Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW). Surabaya, 11 Juni 2015.

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan. Andi Offset, Yogyakarta.

Suhardjono. 2015. Drainase Perkotaan. Universitas Brawijaya, Malang.

Downloads

Published

2017-05-18

How to Cite

Guntoro, D. E., Harisuseno, D., & Cahya, E. N. (2017). PENGELOLAAN DRAINASE SECARA TERPADU UNTUK PENGENDALIAN GENANGAN DI KAWASAN SIDOKARE KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Teknik Pengairan: Journal of Water Resources Engineering, 8(1), 60–71. Retrieved from https://jurnalpengairan.ub.ac.id/index.php/jtp/article/view/321

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>