Optimasi Penggunaan Lahan Pertanian dengan Program Linier (Lokasi Studi : J.I. Sumber Buntu,Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang)

Authors

  • Agus Suhardono Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Abstract

Perencanaan optimasi lahan pertanian dapat dilakukan dengan program linier. Dengan tujuan memaksimumkan keuntungan total dan pembatas ketersediaan air dan luas lahan, telah digunakan data-data pada areal pertanian irigasi jaringan irigasi Sumber Buntu, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Jenis tanaman yang digunakan adalah padi, polowijo (jagung dan sayur-sayuran) dan tebu, dengan analisa tiga kali musim tanam dalam setahun. Dari iterasi metode simpleks pada model matematika program linier diperoleh hasil sebagai berikut : pada musim tanam I luas lahan optimum untuk padi 7 hektar sedang untukpolowijo/ jagung dan tebu masing-masiiig 60 hektar dengan nilai keuntungan Rp3.750.350.000,-, musim tanam II luas lahan optimum untuk padi 63 hektar dengan keuntunganRp 649.6530.000,, musim tanam III luas lahan optimum untuk padi 60 hektar, dengan keuntungan Rp 618.600.000,-.

Kata Kunci : optimasi lahan pertanian, memaksimalkan total keuntungan,program linier

Downloads

Published

2012-05-25

How to Cite

Suhardono, A. (2012). Optimasi Penggunaan Lahan Pertanian dengan Program Linier (Lokasi Studi : J.I. Sumber Buntu,Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang). Jurnal Teknik Pengairan: Journal of Water Resources Engineering, 2(1), pp. 55–61. Retrieved from https://jurnalpengairan.ub.ac.id/index.php/jtp/article/view/120

Issue

Section

Articles